Cara Menggambar Manga

Posted by admin On 3:46 PM 167 komentar


Bagaimana cara menggambar karakter manga?
Buat kamu yang menggambar manga secara otodidak artikel dibawah ini mungkin bisa kamu jadikan referensi untuk membuat kualitas manga kamu menjadi lebih baik.

Langkah Pertama



Untuk memulainya tentu saja kita siapkan material / peralatan menggambarnya,
Untuk berlatih kita cukup menggunakan kertas gambar yang murah saja tentu saja untuk memperkecil pengeluaran kita, saya pikir penting untuk menunjukkan bahwa menggambar manga merupakan hobi yang murah.
Untuk pensil alat dasar menggambar kita bisa menggunakan pensil normal untuk menulis, pensil menggambar, dan pensil mekanis, semuanya baik untuk menggambar.
Beberapa jenis pensil yang bisa kita gunakan seperti berikut,
Jenis pensil dari terang ke gelap ----->


8H 7H 6H 5H 4H 3h 2H H HB B 2B 3B 4B 5B 6B 7b 8B
Dan tentu saja kita siapkan penghapus.
Apabila semua peralatan sudah kita siapkan mari kita mulai,


Kita mulai belajar Menggambar Kepala,

Menggambar Kepala
Beberapa trik untuk menggambar kepala anime: 

Menarik garis panduan untuk membantu menunjukkan tempat untuk mencari mata. Mata harus di tengah kepala.
 Bagian atas telinga harus sesuai dengan bagian atas mata. Sekali lagi, letak mata dan telinga harus benar-benar kita perkirakan dan besar kepala harus sesuai.
Menggambar Mata
Menggambar Mata






Menggambar mata,untuk menggambarnya merupakan tantangan. Penting untuk menggambar mata dengan baik, karena besarnya dan mata yang indah yang paling membedakan bahwa ini gambar manga.
Langkah awal menggambar mata di mulai dari menggambar garis batas mata bagian atas, gambarkan bentuk alis dengan sedikit lengkungan.
    Kemudian gambarlah garis batas mata bagian bawah, dengan panjang garis lebih pendek dari garis mata bagian atas dan garis relatif lurus.
Gambarlah bulatan mata yang proposinal sesuai dengan bentuk mata. Untuk mata yang besar, bulatannya cenderung memanjang searah vertikal. 
  Gambarlah bulatan kecil di dalam bulatan mata untuk memberikan efek pantulan cahaya yang diterima oleh mata. Sehingga mata lebih terlihat hidup.
Lengkapi gambar dengan menambahkan bulu mata kemudian goreskan garis halus untuk kelopak mata dan berikan warna hitam pada bulatan mata. Tambahkan juga alis mata sesuai dengan bentuk matanya .


Semakin besar mata semakin detail pula yang harus mereka miliki.
Mata menunjukkan emosi. Emosi yang bisa senang, sedih, takut, jahat, gila, cinta, lelah, atau apapun.
Karakter yang senang atau bersalah memiliki banyak cahaya di mata mereka. Jahat dan marah memiliki karakter mata yang gelap.
Berikutnya Menggambar Rambut,
Menggambar Rambut
Sebelum menggambar rambut, perlu diperhatikan terlebih dahulu jenis rambut yang akan digambar. Misalnya jenis rambut lurus, keriting, bergelombang atau rambut acak.


    
   
Menggambar rambut Pria relatif lebih mudah dibandingkan menggambar rambut Wanita, hal ini disebabkan karena rambut pria tidak terlalu panjang, tapi biasanya di gambar manga pria ada juga yang rambutnya panjang.
                Rambut wanita biasanya unik- unik dan lebih menantang untuk digambar. Untuk memperindah penampilan biasanya ditambahkan kepang atau poni pada rambut yang bentuknya bermacam-macam. Inilah yang meniadi wanita lebih menarik untuk digambar karena rambutnya yang indah.
Disini digambarkan pula saat rambut terkena angin, pada posisi ini yang perlu diperhatikan arah rambut yang terkena angin harus searah pergerakan angin, hal ini dilakukan agar karakter rambut lebih alami untuk dilihat.




Angin yang datang dari arah depan menyebabkan rambut bergerak ke belakang, sehingga seluruh tampak depan wajah terlihat dengan sempurna.


Angin yang datang dari arah samping kiri akan membuat rambut bergerak ke samping kanan, sehingga sebagian rambut menutupi wajah.
Ekspresi Muka
Ekspresi Muka

Ekspresi sedih ditunjukan dengan pandangan mata yang kosong dan lemah .


Ditambah dengan mata berkaca-kaca seperti mau menangis.
Gambar mulut melengkung ke bawah.
Ekspresi marah ditunjukkan dengan mendekatkan kedua alis   Sorotan pandangan yang tajam dan dingin pada lawan bicaranya. Ditambah pula dengan kerutan di dahi yang menampakkan kemarahannya.  Berteriak merupakan salah satu bentuk marah yang paling gampang dipahami oleh orang.
Gambar ekspresi gembira ditunjukkan dengan menaikkan kedua alis.


Gambar mata yang besar dan berbinar-binar .
Gambar mulut seperti segitiga terbalik atau melengkung ke atas
Gambar di samping ini menunjukkan ekspresi terkejut , hal itu dapat diketahui dari bentuk bulatan mata yang mengecil dan digambarkan tidak ada efek cahaya dari bulatan mata.
Gambar di samping ini menunjukkan ekspresi wajah yang tenang, ramah atau bahagia. Hal ini dapat diketahui dari bentuk mulut yang digambarkan melengkung ke bawah dan pandangan mata yang digambarkan normal.
Menggambar Tangan
Menggambar Tangan
Untuk mempermudah kita dalam menggambar, bentuk tangan digambar dengan bentuk lingkaran dan bentuk oval sebagai dasarnya. Bentuk tangan yang digambar akan berubah, tergantung posisi dari mana kita melihat. Oleh karena itu akan lebih mudah untuk menggambarkan jari tangan menyerupai silinder pendek, dan gambarkan juga bentuk oval untuk lekukan-lekukan jari.


1. Bentuk dasar dari tangan.


Untuk menggambar tangan, bayangkan tangan kita sedang dibungkus, misalnya tangan kita dibungkus sarung tangan yang ketat. Kemudian gambar bentuk dasar yang dibentuk oleh tangan dan jari. Lanjutkan dengan menggambar garis–garis halus yang digunakan untuk menandakan posisi jari tangan.


2. Bentuk jari tangan
Perhatikan bentuk jari antara yang satu dengan yang lainnya, dan gambarlah jari dengan ukuran yang sesuai sehingga ukuran jari satu dengan yang lainnya terlihat lebih alami. Point ini merupakan yang paling penting untuk meneruskan ke langkah selanjutnya.


3. Memperjelas bentuk gambar
Gambarlah lipatan dari jari tangan, sehingga gambar jari satu dengan yang lainnya terlihat dengan sempurna. Kemudian hapus garis-garis bantu dan perjelas garis yang melukiskan ibu jari dan telapak tangan.


4. Berikan efek bayangan
Untuk memberikan kesan lebih nyata, berikan arsiran halus pada gambar. Dengan demikian bentuk dari lekukan jari dan telapak tangan akan terlihat lebih nyata.
Pada contoh kali ini digambarkan bentuk tangan yang terlihat hanya sebagian saja.
Untuk memudahkan kita, gambarlah jari telunjuk terlebih dahulu kemudian gambar jari yang lainnya mengikuti atau sejajar dengan jari telunjuk. Gambarlah sesuai dengan proposi nya dengan memberikan garis bantu.


Tips:


Cobalah menggambar dengan melihat tangan sendiri, amati tangan kita dengan menutup salah satu mata, hal ini bertujuan untuk memberikan fokus pada sudut pandang yang akan digambar.
Proporsi Tubuh
Proporsi Tubuh

Sebuah metode sederhana namun efektif untuk menentukan benar proporsi tubuh dicapai dengan menempatkan sebuah segitiga terbalik dimana bagian segitiga menandakan bahu ke bawah selangkangan.
Atau kita bisa belajar dari beberapa sketsa proporsi tubuh dibawah ini,
Berikut contoh sketsa proporsi tubuh untuk pria:
  
Dan contoh sketsa proporsi tubuh untuk wanita:
 

Cukup sulit tapi memang menggambar manga perlu kerja keras serta terus dan terus belajar!
Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.
Selamat mencoba
Selamat berkarya!!

  1. VR says:

    wow.. neh artikel bagus banget bro.. di pelajari dl.. thx ya..

    Balas Komentar
  2. Gendenk says:

    Thx Jadi Bisa Gambar gwe :s thx pokoknye tapi susah juga gamBar yeh.. :((

    Balas Komentar
  3. petualangan mencari tips menggambar manga akhirnya membawa gw ke tempat yang tepat ..

    Balas Komentar
  4. Anonymous says:

    tQ,, Q jd tau baxak nie,,,
    ^^
    domo arigatou gozaimasu

    Balas Komentar
  5. nana says:

    makasih ya tutorialnya..

    Balas Komentar
  6. thaks om atas infonya...

    dari kmaren nyari2 cara gambar badan g ada2...

    Balas Komentar
  7. Anonymous says:

    heiyh..hEiyh,,
    makasih eA dh ngAsi tw lbiH bnyK ttg manga!!
    ak emg seneng bgt gamBr mangA!!

    Balas Komentar
  8. cHyrra says:

    wahhh...
    thx ya sob, w jdi bsa cbA2 bkIN gMbr bRu!
    omong2 jam gAara nya lucu bangET!!
    tw ajj w sKa bgt mA gAarA!! ;)

    Balas Komentar
  9. arifmanga says:

    thanks

    mohon supportnya u/ perkembangan blog ini

    saran & kritik sangat saya butuhkan

    Balas Komentar
  10. SeNa says:

    Tx ya nech artikel cukup berguna...tapi tambahin sama cara menggambar bajunya juga ya,biar lbh lengkap....

    Balas Komentar
  11. alow,,,, lam kenal.....
    aku lagi belajar nie cara gambar manga.....^^

    Balas Komentar
  12. Anonymous says:

    Tips yang singkat, jelas, padat.
    Saya butuh beberapa advice dalam membuat gambar wanita.
    Apakah yang harus dibuat dahulu, badan atau kepala. Lalu dapatkah dijelaskan faktor-faktor yang membuat wanita itu menjadi cantik atau cute, seperti mata, rambut, dll.
    Makasih

    Balas Komentar
  13. Setsa says:

    kk arif.
    jadi bener" pengen maen ke rumah kk.
    ^^
    terusin ya blognya.
    ambil dari deviant art juga boleh kk.

    Balas Komentar
  14. lulu says:

    wow!!!!!!!! lucu bgt sich terusin ya blognya.

    Balas Komentar
  15. popy says:

    km berbakat bgt sich.... sampai2 aq tergila-gila ama gmbr km. terusin aj y blogny.............. MOTTO:"JANGAN MENYERAH"DAN PANTANG PUTUS ASA

    Balas Komentar
  16. sasa says:

    keren banget nih tutorialnya ..
    untuk bagian rambut tolong diperjelas lagi ya ..

    Balas Komentar
  17. Anonymous says:

    eren gmbarnya, gw lgi pemula gbr manga

    Balas Komentar
  18. artikel yang bermanfaat

    Balas Komentar
  19. rian says:

    west mnrik bgt cba d rmh scra .OTODIDAK.
    mngkn bsa do;a in ya !!!

    Balas Komentar
  20. Anonymous says:

    wah pngen banget bisa gambar..

    gmbar ku cm bsa nyontoh ja k..blum bsa gmbar sndiri..

    untuk pnjlasan gmbar tngannya bsa d perjlas lg g k? yg brbagai bentuk gitu..

    mksh k..
    brmnfaat bnget.. ^_____^

    Balas Komentar
  21. Pingin tahu says:

    bisa di demokan g ya soalnya masih blum ngerti

    Balas Komentar
  22. Keren banget! Harus dipelajari!

    Balas Komentar
  23. Aldy Nightroad says:

    uwa...keren banget artikelnya..ternyata ngegambar manga itu gampang ya.. arigato gozaimasu,,..

    Balas Komentar
  24. This comment has been removed by the author.
  25. Anonymous says:

    bagus... gw jd bisabanyak belajar...

    Balas Komentar
  26. pencinta komik says:

    wow bagus tapi gak ada trik mengambar berakan kusus seperti nendang atau ninju aku mau buat komik aksi nih

    Balas Komentar
  27. Echa says:

    Kereeeenn!!! pengen bisa gambar manga, tapi koq gak da bayangn.. suram.. =='

    Balas Komentar
  28. Anonymous says:

    bgus...............
    ap menggambar manga harus punya bakat?
    cz ciri2 org ngambar berbeda2 kalau dlhat dari hasil gambarnya meskipun tema dan aliranya sama...

    Balas Komentar
  29. ilham says:

    waaaahhhh bagus banget za....
    aku tertarik dengan artikel ini...
    bagus dan menarik..
    by : http://anime-animeindo.blogspot.com

    Balas Komentar
  30. ilham says:

    tukeran link yuk.........

    http://anime-animeindo.blogspot.com/

    Balas Komentar
  31. fatha says:

    siip....thanx atas infonya,,..

    kalo ada ksulitn bolh nanya lwt email ga.??

    Balas Komentar
  32. Anonymous says:

    wah, bagus ni, aku yg seneng gambar, jadi pengen belajar gambar

    Balas Komentar
  33. Anonymous says:

    hi...
    bguz bgt teknik" buat manga!
    ^0^

    tp aku lg cari tau bgaimana cara mmbuat komik .. :(

    Balas Komentar
  34. Saya Orang says:

    Marvellous..

    Balas Komentar
  35. Anonymous says:

    q suka artikel nih......q bisa belaajar drai artikel ini

    Balas Komentar
  36. Anonymous says:

    kaka saya sudah bisa menggambar manga tapi masih harus liat contoh yang mau di gambar saya boleh tau bagaimana cara mudah agar saya bisa menggambar tanpa ada objek yang saya liat bales secepatnya kaka

    Balas Komentar
  37. saya time says:

    ini hebat saya tidak bisa menggambar tolong bantu saya huhuhu....

    Balas Komentar
  38. Anonymous says:

    w paling suka ngegambar manga dan w ingin pelajari lg lebih dalem biar bisa dapet inspirasi sendiri thax y...

    Balas Komentar
  39. Anonymous says:

    cool

    Balas Komentar
  40. Anonymous says:

    tq ADMIN!! skrng aku bisa buat komik walaupun umurku baru 11 tahun!!
    aku ingin bisa membuat sebuah komik laen kali di UPDATE ya biar bisa lebiuh pandai agi!!!SKL AGI TQ ADMIN

    Balas Komentar
  41. kelLie says:

    terima kasih
    mengambar saya sekarang sudah semakin baik

    Balas Komentar
  42. Anonymous says:

    makasih banget informasi'x.,___
    menurut orang, gambar Q udah keliatan banget ekspresi'x mirip banget sama yang di komik-komik Jepang.,___
    cuman, ga' tau knapa, kayak'x perasaan Q bilang, kalo gambar Q itu masih kurang.,___
    udah sifat'x manusia kali ya, ga' pernah puas dngan apa yang d'capai.,___

    Q jga udh pernah coba bkin komik, sempet jdi 43 lembar, tpi kndas d'tngah jlan, lantaran malas, gimana cara'x bangkitin gairah menggambar seseorang ya.,___???
    tererengkyu OM.,___

    Balas Komentar
  43. fifi says:

    termaksih y
    sekarang gambar manga saya sudah lebih baik lagi dari yg dulu2

    Balas Komentar
  44. Anonymous says:

    waach MNtap Nch artikel,,,,,

    cba dlu Ach........ ~_~

    Balas Komentar
  45. Anonymous says:

    artikel yang bagus dan bermanfaat... ^_^
    mohon diperbanyak lagi ....

    Balas Komentar
  46. ami says:

    wow sekarang gambar gw jauh lebih baik dari dulu

    yuhhuuuu

    Balas Komentar
  47. sarah says:

    wew...
    caranya ampuh..
    akk jdi dpet nilai bagus nih..
    mkasih ya..!!

    Balas Komentar
  48. fathur says:

    thx yea......
    info nya bagus nie....

    gw jadi bisa gambar manga dehh........

    Balas Komentar
  49. Anonymous says:

    bagus bnget ne
    tops abies

    Balas Komentar
  50. Anonymous says:

    liat nii smua buat guw tryuus pnghen bkin komikkk

    Balas Komentar
  51. Anonymous says:

    infonya keren . tolong tambahin lgi info yg laen

    Balas Komentar
  52. Anonymous says:

    Wahhhh artikel bagus nih.... pokoknya thx!!!

    Balas Komentar
  53. beni says:

    wah baguus tuh. ilmu baru nih

    Balas Komentar
  54. mantab!!!!

    Balas Komentar
  55. alnp says:

    bagus bgt, apalagi gara2 ada gambar tiap langkah2nya!! thumbsup :D

    Balas Komentar
  56. dinno says:

    mantap gan....
    arigato gozaimasu

    Balas Komentar
  57. Anonymous says:

    kerend kerend kerend!!!

    Balas Komentar
  58. Anonymous says:

    kerenn bgd dechh .!

    Balas Komentar
  59. keren banged gan...

    mohon bantuannya ya....

    Balas Komentar
  60. hnmm..bagus banget !! artikelnya .. sayangnya susah kalo kita ga sabaran buatnya.. hehe.. thanks.. bet !

    Balas Komentar
  61. Hyo_ogawa says:

    makasih ya.... aku jdi sa bljr manga coz aku suka bangetzz...^U^

    Balas Komentar
  62. kk q masih susah buat komik jelek banget susah buat manga juga

    Balas Komentar
  63. kk aku dah buat sketsa cerita tapi susah dijadiin comiknya.
    n kasih tau donk gambar manga dari samping gimana......
    PLEASE q berani bertaruh apapun asal bisa buat manga. BLZ

    Balas Komentar
  64. Matsuo Emi says:

    Waw... Info x keren...
    aq suka bgt..^^
    Tapi yg paling sulit tuh, waktu menggambar tangan dan kaki x.......
    YOSH... Aku akan latihan terus hehehehe...
    Arigatoo Info x Senpai...^^

    Balas Komentar
  65. Keeereen...!!!Akhirnya, aku bisa menggambar manga dengan lebih baik...!!!

    Balas Komentar
  66. Anonymous says:

    numbang sedot gan

    Balas Komentar
  67. Anonymous says:

    keren !!!

    Balas Komentar
  68. manga lovers says:

    keren bgt ni artikel ... thx bgd loyhhh..

    Balas Komentar
  69. Anonymous says:

    mantap brooo

    Balas Komentar
  70. aku makin tahu tentang cara menggambar postur tubuh sempurna

    Balas Komentar
  71. sebenarnya saya bisa menggambar manga tapi yang saya kurang adalah cara membuat tangan dan kakinya , menurut saya bagian itu yang sulit. terima kasih

    Balas Komentar
  72. Anonymous says:

    Keren nich artikel 8 jempol dech

    Balas Komentar
  73. Tugas PPN says:

    minta tips nya cara membuat gambar moe donk @_@

    Balas Komentar
  74. Anonymous says:

    aku sekarang udah ngerti cara buat manga,tetapi qw masih bingung cara klo buat wajah

    Balas Komentar
  75. nice share bang......kalok bisa plus coloringnya dunk

    Balas Komentar
  76. Anonymous says:

    wahh bagus tapi pusing unnk

    Balas Komentar
  77. teknik gambarku jadi lebih baik, ^^ tapi bagian tangan masih susah. Awalnya sesuai petunjuk, eeh lama lama frustasi jadi ngarang sendiri bentuknya (?)

    Balas Komentar
  78. Anonymous says:

    keliatannya sih mudah tapi susah juga...

    Balas Komentar
  79. Arda says:

    hadohh.... -_-"
    susah ya, tapi keren, biar lengkap, bajunya jugaa

    Balas Komentar
  80. Anonymous says:

    TERIMA KASIH wat infonya saya akan mulai menggambar manga!!! OSHHHHH

    Balas Komentar
  81. Anonymous says:

    wah,,bagus bgt artikelnya,,bs buat bljr dasar..thks ya
    ^^

    Balas Komentar
  82. ak mau bilang aph yaa?? bngung niih..
    pkoknya kerenn bngttt!!!,,

    ak jdi kbntu bngt niih,, buat bkin manga lgii., tpi gmna cra bkin kakinya?? susah tuh,

    Balas Komentar
  83. Anonymous says:

    asik

    Balas Komentar
  84. @semuanya : Dicari !! bagi yang bisa menggambar manga/anime dan mau bantu aku bikin komik add fbku royan arizal sama pendaftar di www.royanarizal.blogspot.com.....cz aku lg mau buat komik...KHUSUS YANG BERMINAT DAN BERBAKAT !!!

    Balas Komentar
  85. Anonymous says:

    haduh sya ngebet bgt pngn hd mangaka, tapi gmbrnya msh jelek.....

    Balas Komentar
  86. Anonymous says:

    thx GAN........
    NICE ARTIKEL

    Balas Komentar
  87. waaa........ oke banget nich artikelnya ^^ arigato gozaimashu :)

    Balas Komentar
  88. Anonymous says:

    Oke keren ni blog,...
    trim ni plajarannya,..,

    skarang bsa tau cara gmbar pake alur,.
    oya btw ada artikel ttg,..
    cara gambar cibi or sd,.???..

    Balas Komentar
  89. Anonymous says:

    Thanks bgt nih infonya,,ngebantu bgt,,cm ada satu yg kurang, ekpresi wajah yang sedang jatuh cinta, sama blushing,,, tp thanks bgt deh..

    Balas Komentar
  90. phentem says:

    manteb kang

    Balas Komentar
  91. yuki jimmy says:

    good....!

    Balas Komentar
  92. baru mau mulai,bagaimana sarannya????

    Balas Komentar
  93. mmang terbaeeeeeeeeeeeeeeek la !

    Balas Komentar
  94. ano_niMM says:

    saya kebiasaan gambar langsungan kak, gak pakek grs bantu. tapi kata temen saya bagus kok, gimana nih???

    Balas Komentar
  95. wah wah agak sulit nhii kayanya...

    Balas Komentar
  96. Anonymous says:

    wah jadi semangat bbuat belajar!!!
    makasih!!!

    Balas Komentar
  97. Wah, jadi tambah ilmu nih, makasih banyak!!!!

    Balas Komentar
  98. aku dak buat tapi cma 5 lbr krakter + jalanya ^^
    whit this info i can't to try.
    thanks
    but....
    gbrku simpel jha ga pke step

    Balas Komentar
  99. Anonymous says:

    keren bro
    .arigatou gozaimasu..

    Balas Komentar
  100. padma says:

    aku sdh bisa gambar dari kls 2 sd sdh bisa mnggambar manga skrg sya di kls 3 sd lho... :-)

    Balas Komentar
  101. Anonymous says:

    tanks yaa,, jdii banyak pengetahuankuu tentang menggambarr mangaa...

    Balas Komentar
  102. Anonymous says:

    Wah susah juga
    gambarnya

    Balas Komentar
  103. Anonymous says:

    AANNNNNNNNJAAAIIII!!!, jago bngt

    Balas Komentar
  104. Mantab caranya..

    Balas Komentar
  105. Anonymous says:

    arigato gozaimasu..

    Balas Komentar
  106. Anonymous says:

    artikel bagus, saya numpang mau nambahin referensi buat yang baru mau belajar manga atau memahirkan gambar manganya silahkan kunjungi

    Eddiesekiguchi.blogspot.com

    disana banyak refensi buku yang bisa kalian download. rata2 pake server mediafire. lumayan lah...poko

    atau ke situs

    http://oreno.imouto.org/forum/

    forum asik buat penggemar manga. kalo kita ketik keyword how to draw. maka kita akan diberikan informasi mengenai cara membuat manga caranya tanpa download. formatnya jpg soalnya.
    makasih ya...hehe

    Balas Komentar
  107. Anonymous says:

    Ay....bisa ngalahin Manga Master dikelasku niiih....thank kyu ya!

    Balas Komentar
  108. yoan says:

    hahaha,,bguz,
    lanjutkan

    Balas Komentar
  109. Anonymous says:

    wah ternyata menggambar manga itu sulit ea q kira bisa langsung jadi, ternyata ada banyak tahapan yg cukup memusingkan
    hehehe..........
    brarti q hrs bljr terus
    ayo semagat........

    mkasi lho atas info nya ^_^

    Balas Komentar
  110. wah menarik artikel nya..
    bagus.. ^^

    Balas Komentar
  111. niceinfo ~ :)

    Balas Komentar
  112. Anonymous says:

    Wah copasnya berhasil..................

    Balas Komentar
  113. Anonymous says:

    http://howtodrawmanga.com

    Balas Komentar
  114. kerennnn.... jujur aku sbner'a bisa gambar manga tapi gk pake cara2 sperti yg d ats,aku langsung gambar jjah sesuai yg da d otakku,,,, tpi aku rada sdih, coz aku gk bisa gambar tangan,jari,kaki'a dgn detil aku klo gmbr tangan tuh slalu sedang d kepal , biar gk kliatan jari2'a ^^ ,,, lg nyari buku cara2 gmbr manga ,, tpi susah

    Balas Komentar
  115. boleh izin share gak?

    Balas Komentar
  116. wihh..... keren nih..
    Thank's ya gan..

    Balas Komentar
  117. Anonymous says:

    keren gan...

    Balas Komentar
  118. Anonymous says:

    keren..!

    Balas Komentar
  119. Farhan P says:

    Bro.. kenapa sumbernya nggak dibuat?? itu gambar2nya kan diambil dari situs lain.. i know it!

    Balas Komentar
  120. hey... i want to draw it... but, i can't... how to start.? i have a many experience, but, it can't...
    help me... -_-

    Balas Komentar
  121. Flak Skaterz says:

    Jack, gua nggambar realistis bisa, tapi Manga njeblok trus, gimana nih? pusing tujuh keliling.....

    Balas Komentar
  122. Anonymous says:

    sip lah akhirnya ketemu juga cara menggambar manga arigatou mas arif terusin blognya maju terus

    Balas Komentar
  123. Anonymous says:

    ssh gambar nya mata nya jg tpi bgs

    Balas Komentar
  124. :-( w masih kaga ngerti cara buat tangan, paling pusing itu membuat tangan dan kaki menurut w

    Balas Komentar
  125. ouh ya kunjungi blogku juga ya thanks ^^ www.wild-book.blogspot.com

    Balas Komentar
  126. ouh ya, 1 pertanyaan kak.... program yang biasanya dipakai oleh pembuat komik jepang itu apa namanya ya? terus cara menghitamkan gambar dikomik harus pakai tangan sendiri atau pake software?

    Balas Komentar
  127. Jack Separo says:

    Gan, ajarin gua buat karakter Manga Tukang Bakso, Pengamen, Pemilik Warteg, Tukang Becak, pokoknya yang Indonesia Asli tapi dalam bentuk Manga gituh, ane mao buat komik jenaka, gan

    Balas Komentar
  128. Anonymous says:

    thanks infonya, bermanfaat banget!!

    Balas Komentar
  129. This comment has been removed by the author.
  130. wissss trik nya mantappp

    Balas Komentar
  131. Anonymous says:

    Aku pernah lihat gambar tutornya dari buku,,

    Balas Komentar
  132. jesselyn tansil says:

    Crany trnyata gampang juga,,, Τ̣̣̥å¶î harus berusaha supaya bisa,, ˚◦°•нмм(―˛―“)..•°◦˚ saya akan lbih brusaha menggambar lebih baik krna saya pecinta anime.. Terutama komik kirarin revolution

    Balas Komentar
  133. waaah, gambarnya kereen...
    tapi, buat manga susah juga ya..

    Balas Komentar
  134. MR.X says:

    thank...
    buat infox..

    Balas Komentar
  135. Dhera_far says:

    makasih nih... bisa bantu" buat lomba gambar manga bessok bulan juny. thx ya

    Balas Komentar
  136. Anonymous says:

    Wydy ?!!
    Keren

    Balas Komentar
  137. wow terimakasih infonya yah i like

    Balas Komentar
  138. Nice share :)
    btw aku juga coba2 bikin tutorial tapi masih hancur total.

    www.ea-manga.blogspot.com

    Balas Komentar
  139. Anonymous says:

    thanks thanks thanks....

    Balas Komentar
  140. Anonymous says:

    Bgus niEh
    w jd mkin ahLi

    Balas Komentar
  141. Anonymous says:

    gambar mangany bgus bnget!aq juga pengen belajar terus supaya bisa lrbih,lebih dan lebih bagus lagi. thanks

    Balas Komentar
  142. JeQ says:

    hal paling sulit bagi saya biasa ada pada mata....
    jadi kalau gambar bagian wajah selalu belakangan...

    Balas Komentar
  143. Anonymous says:

    keren artikelnya..asikk..bikin mudah n membantu

    Balas Komentar
  144. waaah nice posting, semangat terus nge blog nya, postingannya
    sangat memberikan referensi yang baik
    kalau sempat silahkan berkunjung ke blog saya
    http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

    terimakasih ^^

    Balas Komentar
  145. waaah nice posting, semangat terus nge blog nya, postingannya
    sangat memberikan referensi yang baik
    kalau sempat silahkan berkunjung ke blog saya
    http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

    terimakasih ^^

    Balas Komentar
  146. Anonymous says:

    Susah

    Balas Komentar
  147. keren :) pengen cepet" bisa ngambar manga

    Balas Komentar
  148. Adi says:

    Sangat membantu..
    masih agak sulit menyesuaikan ekspresi..

    Balas Komentar
  149. thx gw malah gak bisa nggambar

    Balas Komentar
  150. thanks

    Balas Komentar
  151. Anonymous says:

    ngantuk,tapi pertamaaxx

    Balas Komentar
  152. thanks ^.^
    skrg gambarku udh jauh lbh bagus dri dulu :D

    Balas Komentar
  153. thanks ^.^
    skrg gambarku udh jauh lbh bagus dri dulu :D

    Balas Komentar
  154. piphiyapip naghk spasa says:

    yes , thank's ..
    aku jadi lebihh mudah .. mmenggambar tugas kuu :D
    hahaha :p

    Balas Komentar
  155. piphiyapip naghk spasa says:

    yes , thank's ..
    aku jadi lebihh mudah .. mmenggambar tugas kuu :D
    hahaha :p

    Balas Komentar
  156. Shiiippp

    Balas Komentar
  157. arigatou ^^
    berkat ini, gambar saya membaik hehe :P

    Balas Komentar
  158. Anonymous says:

    mentioned almost all people settle their personal loans on time together with without the need of fines
    A respected debts aid organization desires the number of consumers turning to these individuals meant for help around payday cash advance bills for you to twin the following. debt charity reveals round purchase the actual temporarily, large attraction borrowing products the year 2010. This nonprofit charities claims 3 years back how many prospects using them was first unimportant.
    kredyt inwestycyjny
    pożyczka na dowód
    pożyczka eurocent
    pożyczki w banku
    pożyczki gdańsk

    http://pozyczkanadowod24.net.pl
    http://pozyczkanadowod24.net.pl
    http://kredytybezbik24.net.pl

    Balas Komentar
  159. Anonymous says:

    http://www.cafb29b24.org/docs/buyativan/#54312 ativan dosage routes - ativan benzodiazepine withdrawal

    Balas Komentar
  160. Anonymous says:

    hhmmm... hebat nihh tpi yg tersulit di bagian mata dan rambut,, soal'a klo rambut pas ada efek angin'a itu yg membingungkan, dan klo mata efek cahaya'a itu yg sulit, tpi klo hanya bicara w gk akan bsa hahaha semangat untuk kalian semua selamat mencoba (y)

    Balas Komentar
  161. Arigatou untuk infony :v

    Balas Komentar
  162. Anonymous says:

    Klo gambar memang kudu bnyk latihan

    Balas Komentar
  163. Dwi Budi says:

    wow keren,,,,

    lagi belajar nih

    Balas Komentar
  164. Anonymous says:

    ini cara ngambar chara nya eeq =="
    kalo ngmbar mangan itu, yah cara gambar gerakan+background+chara+DLL. namanya jg manga
    bisa bedain gk sih???

    Balas Komentar
  165. wow keren :D

    Balas Komentar
  166. Avi says:

    waaah keren semuaaa!

    Balas Komentar
  167. nera says:

    aeigatou gozaimasu

    Balas Komentar

Post a Comment

|AM| Mohon kritik & saran untuk perkembangan blog ini & hubungi saya jika ada broken link. Terima kasih... |AM|