Istilah Manga

Posted by admin On 8:25 AM 0 komentar



Dibawah ini adalah panduan singkat beberapa istilah yang populer dari gaya Manga:

 
SHONEN     : Manga cowok, biasanya berupa cerita petualangan dan action, yang ditujukan untuk anak 8-18 tahun. Ini adalah gaya yang paling populer, dan biasanya dicirikan dengan adegan peperangan. Seperti Dragon Ball Z, Naruto atau One Piece.

SHOJO         : Manga cewek biasanya berupa cerita cinta, Kurang berorientasi aksi, dan romantis. Format manga paling populer kedua, Dan manga kategori ini menjadi manga dengan penjualan paling besar di Amerika. Diantaranya seperti "Sailor Moon", "Love Hina", dan "Chobits" yang paling populer. Gaya manga shoujo biasanya diarahkan kepada pembaca wanita usia 12-18.

SEINEN     : Manga series yang ditujukan untuk pembaca pria usia 18-30. Merupakan variasi dari gaya manga Shonen, Seinen termasuk komik untuk kalangan dewasa. Akira adalah salah satu contoh dari manga gaya Seinen.

JOSEI         : Komik yang ditujukan untuk wanita muda dan ibu rumah tangga atau bekerja dari usia 21-30. Manga ini setara dengan Opera Sabun.

HENTAI         : Gaya manga untuk kalangan dewasa yang merujuk ke pornografi komik dan kartun.

JIDAIGEKI     : Manga yang biasanya dikemas dengan sebuah cerita peperangan. "Lone Wolf And Cub", dan "rurouni Kenshin" adalah beberapa Jidaigeki.

MECHA     : Manga yang merujuk kepada "Robot" seperti cerita "Gundam W", "Voltron", dan "Big O." Mereka biasanya berorientasi kepada action besar dengan perkelahian, banyak ledakan, dan cenderung memiliki motivasi menyelamatkan dunia.

BISHOUJO     : Manga  yang sangat populer yang bercirikan dengan gadis manis atau hewan yang lucu. Seri yang jatuh di bawah kategori ini adalah "Hamtaro", dan "Hello Kitty".

BISHONEN     : Manga yang ditujukan untuk remaja perempuan, dengan karakter pria yang cantik dan manis sebagai pahlawan. Seri yang jatuh ke dalam kategori ini termasuk "Peach Girl", dan "X/1999" oleh Clamp.

Beberapa jenis subkategori di atas adalah:

Shoujo-ai      : Atau biasa disebut "girl's love" dengan cerita yang meliputi hubungan antara para perempuan, biasanya pada tingkat romantical (aka Yuri).

Shonen-ai    : Atau biasa disebut "boy's love", dengan cerita yang meliputi hubungan laki-laki, biasanya pada tingkat romantical (aka Yaoi).

Kodomo    : Manga anak-anak, yang ditujukan untuk anak umur 6-10 tahun, sebuah kategori cabang dari Bishoujo, Bishonen, Shoujo dan Shonen. Seperti "Pokemon" dan "Digimon". 





Post a Comment

|AM| Mohon kritik & saran untuk perkembangan blog ini & hubungi saya jika ada broken link. Terima kasih... |AM|