Cara menjadi Komikus / Manga-Ka

Posted by admin On 7:21 AM 66 komentar



Apakah kamu ingin menjadi Manga-Ka terkenal seperti Akira Toriyama atau seperti Eiichiro Oda?
Tapi apakah kamu tahu bagaimana cara atau langkah yang harus kamu ambil agar bisa menjadi Manga-Ka?
Dibawah ini beberapa tips dari saya bagaimana cara menjadi seorang Manga-ka?

Jalan untuk menjadi Manga-ka / Kartunis / Komikus adalah dari  keringat, air mata, kekurangan tidur,dan kerja keras kita sendiri ...



Ada beberapa pilihan atau langkah menjadi seorang Manga-Ka:

1. Menulis episode debut, sekitar 30 halaman dari manga cerita dengan awal, tengah, dan akhir dan mengirimkan salinan ke berbagai manga-majalah seperti Elek Media Komputindo atau bisa sekalian langsung kau kirim ke majalah ternama di jepang dimana hampir semua Manga-Ka Jepang memulai kariernya, Yaitu di Majalah mingguan Shonen Jump. Jika mereka menerima dan ingin memplubikasikan cerita kamu di majalah mereka, Maka kamu akan bekerja untuk majalah dan memberikan karya manga kamu (biasanya cerita pendek) selama karya kamu masih populer di antara para pembaca.

2. Menjadi asisten seorang Manga-ka. Beberapa orang yang ingin Manga-ka, pertama mereka memutuskan untuk menjadi asisten, sehingga mereka dapat belajar dan mempelajari cara menulis manga menjadi  lebih baik. Seorang asisten dari Manga-ka biasanya mengerjakan berapa shading dan latar belakang, Kamu dapat mengajukan permohonan untuk menjadi asisten dengan mengirimkan surat ke Manga-ka yang ingin kamu bantu bersama dengan contoh hasil kerja kamu.

Kapan kamu bisa sampai menulis seri panjang pertama?

Ini benar-benar tergantung pada bagaimana kamu populer dan seberapa baik karya kamu menjual. Tapi sangat sulit untuk merencanakan ke depan untuk hal-hal ini. Majalah berhak untuk mengatakan "berikutnya akan episode terakhir" atau "Saya ingin Anda untuk melanjutkan cerita ke episode 2". Manga-ka benar-benar tidak memiliki kontrol atas berapa lama mereka adalah menulis karya baru.

Setelah Anda telah menulis manga selama beberapa tahun dan ada beberapa penggemar yang setia, Kamu memiliki lebih sedikit kebebasan dalam apa yang kamu tulis dan berapa lama / singkat manga yang kamu tulis. Hal ini yang kemudian membuat Manga-ka akan menulis episode itu selama bertahun-tahun.


Apa menjadi Manga-ka akan mengambil semua waktu saya?

Tergantung majalah yang anda komitmen, Biasanya untuk pertama kali jika kamu menulis untuk sekali dalam sebulan, kamu hanya perlu menulis sekitar 30 halaman per bulan kurang lebih satu halaman per hari.
Jika kamu menulis untuk sebuah majalah yang menerbitkan dua kali dalam sebulan, Kamu perlu menghasilkan 60 halaman per bulan. (sekitar 3 halaman per hari) ini sedikit ketat, namun masih tidak terlalu buruk jika kamu pintar memanajemen waktu kamu, dan jangan buang waktu dengan main video game atau membuang waktu dengan hal yang tidak lebih penting dari meneruskan karya kamu.


Di mana Manga-ka bekerja?

Biasanya di rumah mereka sendiri. Kadang-kadang mereka sewa ruang kantor hal itu biasanya dikarenakan jika mereka tidak tinggal sendirian. Biasanya seorang Manga-Ka cenderung untuk pindah ke kota dimana kantor majalah tersebut berada, tetapi tinggal ada juga yang tinggal di daerah lain dan mengirim karyanya melalui faks / mail / pos. kontak dengan editor dan staf lain biasanya dilakukan melalui telepon.

Demikian tips singkat untuk menjadi seorang Manga-Ka, semoga bermanfaat buat kamu dan menambah semangat kamu untuk membuat sebuah karya manga kamu.
Memang agak sulit di Indonesia untuk menjadi Manga-ka karena banyaknya kendala dan kurangnya popularitas dan minta para pembaca untuk komik Indonesia.
Tapi tidak ada salahnya kita berusaha menggapai cita-cita yang kita inginkan.
Bukankah begitu?
Atau kamu seperti saya, Merasa sendirian dan kesulitan dalam menulis sebuah manga?
Dengan senang hati mari kita kerjasama.
Silakan kamu hubungi saya.....


Semoga komik indonesia tidak kalah populer dengan komik jepang...

Maju terus KOMIK INDONESIA!!!




Panduan singkat beberapa istilah yang populer 
dari gaya / kategori Manga..... Baca Selengkapnya

  1. Anonymous says:

    hai,,
    aku jauga mangaka yang 'sendirian'.
    knp kmu ga coba tulis manga dan kirimkan ke media tersebut??
    ato kmu udah pernah ngirim??
    klo kita bekerja sam apa yagn bisa kita lakukan untuk mewujudkan 'mimpi kita ini'??
    thanks.
    hadi

    Balas Komentar
  2. Anonymous says:

    q jg pgn jd mangaka tp ortu ga ngijinin ne cz mreka mkirx jd mangaka di indonesia ntu rda mustahil.......
    by yuki ^^

    Balas Komentar
  3. Anonymous says:

    sama aq n tmnq jg puengen bgt jadi mangaka gimana klo kita kerja sama ja?

    Balas Komentar
  4. Dfreaks says:

    Gw pengen banget jadi mangaka, tapi masalah terbesarku adalah kemalasan. Lebih seneng ngabisin waktu buat ngegame... Gimana ya solusinya??

    Balas Komentar
  5. itachi says:

    Gmn caranya biar komik kita bisa diterbitin? Hrs menghubungi ke Gramedia, ya...?

    Balas Komentar
  6. Aku...Cewek umur 12 tahun, tapi aku pengen banget jadi manga-ka. Bisa nggak ya kalau umur segini! Asal serius dan bisa memanajemen waktu kan? Soalnya keburu imajinasiku pudar dengan belajar ^^

    Balas Komentar
  7. Anonymous says:

    semua bisa jadi komikus ataupun jadi mangaka.. asal bukan cuma dumulut saja. artinya sepenuh hati bahkan jiwa dan raga. rela mengeluarkan dana untuk menunjang jalan untuk kesana.. jangan pernah berfikir sendri.. banyak kok yang ingin jadi mangaka! carilah yang terdekat dengan kamu.. two is better than one.. dengan mendapat semangat dari orang seperjuangan.. Insya Allah komitmen kita akan terjaga! salam kenal. matto

    Balas Komentar
  8. Anonymous says:

    Hm,,,,kalo saya memang sudah ingin menjadi mangaka..............
    Kalo soal jiwa,raga dan rela mengeluarkan dana saya tidak masalah. . . . . .
    Saya juga ingin menjadi Manga-ka......
    Salam kenal Stenly
    Maaf Usia saya masih sekitar 13 tahunan

    Balas Komentar
  9. Anonymous says:

    tetap berusaha...mari kita majukan manga indonesia... supaya di indonesia jadi banyak manga karya anak bangsanya yang disukai oleh banyak bangsanya sendiri(tidak lagi terlalu banyak karya luar)...

    Balas Komentar
  10. aku juga pengen jadi mangaka..harapan pertama c bisa jadi mangaka sukses d indonesia..slanjutnya moga bisa juga jadi yg sukses d dunia internsional...
    aku ge dalam tahap pembuatannya...tapi masih ragu juga mau dikirim kmana..sia-sia kalo akhirnya suah ditrima m pnerbit..hmmmz...
    tapi yg terpenting "membuat manga untuk diri sndri agar bisa menghibur oranglain"..tulah motivasinya..
    salam sukses wat para mangaka indo maupun yg sedang ingin memulai debutnya atopun yg masih mencita-citakannya...

    Balas Komentar
  11. Noval says:

    Tadinya aku g bisa gambar, tapi gara2 liat website ini jadi iya sih padahal susah ya, thanks

    Balas Komentar
  12. Anonymous says:

    aku juga pingin jadi mangaka ..sayangnya rasa malas ku gak bisa di ajak toleransi...pengen bgt padahal...
    ada solusi ngilangin malas gk..?

    Balas Komentar
  13. Anonymous says:

    aku juga pengen jadi komikus,setiap hari kerjaan cuman gambar dan gambar,namun hanya 1 masalah yaitu bakat,keseringan hanya membuat karakter aja..pengen punya temen yang suka sama suka gambar manga juga ^^

    Balas Komentar
  14. @Anonymous

    Balas Komentar
  15. PENGEN JADI DAH AKU MANGA-KA PADAHAL AKU INI MASIH KURANG DARI 12TAHUN ^-^

    Balas Komentar
  16. Wildan Aziz says:

    Gara-gara baca komik/manga(Bakuman) jadi pengen jadi komikus/Mangaka

    Padahal saya masih di bangku sd!!! :)

    Balas Komentar
  17. Bagong016 says:

    ane pengen juga jadi mangaka, udah sering bikin cerita Fantasy yang kurang cuma menggambar saja, jika ada yang mau bantu gambar kita kerja sama yuk!! ^^

    Billy

    Balas Komentar
  18. Anonymous says:

    hai aku suka baca komik , aku pengen deh jadi mangaka tapi masalahnya aku suka kesulitan gambar rambut dan gambar orang menyamping.. belakangan ini aku latihan gambar rambut tapi tetep aja hasilnya jelek *sedih! emg sih aku ga terlalu bisa gambar , tapi apa boleh orang yang ga terlalu bisa gambar jadi mangaka?

    Balas Komentar
  19. Anonymous says:

    hai aku ellen.. aku suka sekali baca komik , sebenarnya aku mau jadi komikus.. tapi masalahnya aku ga terlalu bisa gambar.. aku kurang bisa gambar rambut dan orang menyamping , padahal belakangan ini aku udah belajar menggambar rambut.. tetap saja hasilnya jelek *sedih.. terus gambar ku juga ga terlalu bagus u.u apa bisa orang yang tidak terlalu bisa gambar jadi seorang komikus??:(

    Balas Komentar
  20. Anonymous says:

    untuk yg seriuz buadt k0mik ,ane punya bahan cerita tp gag ada waktu buadt gambar semua karakter. . .
    Minat kerja sama hub. 085655584889

    Balas Komentar
  21. Anonymous says:

    Ola Semua.. Wah semua umurnya masih 12~14 y..aku sudah 23..>___< tapi pengen banget jadi komikus dari kecil
    Alamat Elex apa ya.. Bisa lebih dijelaskan untuk rincinya, Dialbum harus ditulis apa supaya mereka tau kl Qta mencoba mengirimkan komik yang kita buat?
    TQ B4

    Balas Komentar
  22. Anonymous says:

    Eh Mas admin atau sapa aj yg tau tolong jawab pertanyaan gw donk. Gw nih mahasiswa 19 tahun udah ad ide + bisa gambar unuk membuat komik, nah nih pertanyaan gw:
    1. Kalo gambar manual boleh diajukan gak ?(gw gambar di buku gambar A3, yg buku gambar agak gede itu loh)
    tapi agak-agak kotor gara-gara bekas ngapus
    2. loglines itu ditaruh dimana ya dalam cerita saya agak sedikit bingung
    3. Kalo misa harus diedit, software yg bagus buat ngedit gambar itu ap ya ? gw cuman tau Mypaint am photoshop soalnya
    Tolong dijawab ya mas Admin ato siapapun yg tau. Thanks before

    Balas Komentar
  23. Unknown says:

    ngak ada yang mustahil di dunia ini contoh mas jojo udah jadi mangaka terkenal di jepang satu-satunya orang indonesia yang penting dalam gambar ada efect shadow battle efect humoris dlll

    Balas Komentar
  24. Anonymous says:

    aq jg pngn jd seorang komikus. walau umur msh 14 th tp mnt aq tnggi bgt.dan mslh.a ni aq krng ide dan bingung cara dapetin efek gambar.a agar terlihat lbh hidup tolong beri solusinya a? o a aq kan g ujian nasional i smp ,anyaan a sekolah yg bgs bwt aq bwt jd komikus tu d sma or smk?.?makasih

    Balas Komentar
  25. Anonymous says:

    @Anonymous
    berminat jadi komikus? monggo kirim karya kalian ke : bloody_sekhmet333@hotmail.com
    saya sedang scouting untuk assisten :D

    Balas Komentar
  26. Unknown says:

    aku pengen banget jadi komikus/manga-ka..tapi bukan tipe orang yang mudah ngegambar,kalau lagi mood baru bisa ngegambar.tergantung juga..uh,pengen kaya ono eriko! komiknya banyak yang suka deh

    Balas Komentar
  27. Keren gan aku juga penggemar mangaka minta ijin copas ya di blog saya maaf masih blog newbie http://istana-anime.blogspot.com/

    Balas Komentar
  28. Unknown says:

    yo, saya kelas 2 sma, di pekanbaru. sejak kecil ingin jadi mangaka. gimana cara jadi asisten ya?
    mungkin saya harus belajar dari dasar...

    Balas Komentar
  29. Anonymous says:

    Gyaaa!! mangaka sudah menjadi cita-citaa, tapi males gambarnya!!! Apa kerja sama saja bagi yang berminat manjadi mangaka? Biar lebih mudah (T^T) tapi sayang nya nggak bisa gambar pria dewasa dan kakek-kakeeek!!

    Balas Komentar
  30. Anonymous says:

    Saya juga pengen banget tuh jadi mangaka ^^
    Udah suka ngegambar dri kecil, akhir-akhir ini mulai belajar caranya ngegambar digital *msih jelek sih =="
    marcherin.deviantart.com
    akun dA saya, mohon masukkannya ya~

    Balas Komentar
  31. dody says:

    saya bisa gambar manga . . Tp gapunya alur ceritanya . . Kalo ada yang mau kerja sama . . 085735457754 . .

    Balas Komentar
  32. @Anonymous Di Indo emang susah kalau mau jadi seniman. Kenapa gak kita berkarir aja di negeri tuannya, Jepang?

    Balas Komentar
  33. Unknown says:

    suatu saat nanti aq pasti akan menjadi mangaka sejati amin

    Balas Komentar
  34. Kalau kalian ingin menjadi mangaka saya masih kekurangan team kami sudah membuat beberapa komik tetapi masih kurang orang,itu karena kami membuat komik di setiap waktu luang jadi jika ingin gabung tinggal SMS ke nomor 087722111939 khusus daerah bandung tapi maaf kami masih anak smp jadi kurang waktu luang untuk memasarkan komik ini jadi kalo bisa kami mencari anak smp yg berpotensi menjadi anggota kami,apabila tahu hubungi sya ronald

    Balas Komentar
  35. Anonymous says:

    @itachi buka ini aja http://www.mnc-comics.com/about

    Balas Komentar
  36. Anonymous says:

    Aku mau banget jadi mangaka aku juga lumayan bisa gambar,rajin,dan bisa buat komik amatir.Tapi,masalah terbesarku aku sama sekali belom bisa gambar manga :'(.

    Balas Komentar
  37. Unknown says:

    Aku jg pengin jadi mangaka sejak kls 6 SD, gambar manga udah bisa (walaupun gambarnya lumayan) dan sdh ada ide cerita, tp merasa krg motivasi. Moga2 kita semua dapat mnjd mangaka yg sukses. (Ngomong2 umur saya masih 13)

    Balas Komentar
  38. Unknown says:

    gan postingin bahan dan peraltan gambar manga dengan detil boleh gak ??? kalo bisa pake gambarnya, w pengen bisa bikin sesuatu di liburan kenaekan kelas ini tahun

    Balas Komentar
  39. Unknown says:

    gan postingin bahan dan peraltan gambar manga dengan detil boleh gak ??? kalo bisa pake gambarnya, w pengen bisa bikin sesuatu di liburan kenaekan kelas ini tahun

    Balas Komentar
  40. Anonymous says:

    Bisa sih gambar manga cuma alat2 nya gk ad!>_< jdi cuma pke kertas hvs pensil penghapus aj-_-" tpi semoga bisa nyelesain manga buatan ku sebelum smp! Ngomong2 judul manga ku "love between otaku's"

    Balas Komentar
  41. Anonymous says:

    Aku sih bisa gambar manga cuma.. jarang ya ad mangaka di indonesia?

    Balas Komentar
  42. Anonymous says:

    Sama sih malas kyk saya,gmn klo minta teman bantuin wallpaper nya atau background ,kalau malas sehari satu halaman atau panel saja tidak usah buru2 ,kyk saya 4 bulang baru 4 halaman-_-" >_<

    Balas Komentar
  43. Anonymous says:

    Aku suka ono eriko

    Balas Komentar
  44. LN says:

    @Anonymous

    Balas Komentar
  45. LN says:

    sumimasen, numpang jadi captain. dari lomba2 manga yg pernha aku ikutin sih, klo online biasanya tahap 1 itu kita post gambar kita. Kadang ada yg mintanya character design kadang ada yg mintanya apa aja gak dikasih keterangan. Kita juga musti ngasiin ide cerita summary nya aja. Trus tahap 2 baru bikin manga nya yg beneran. Dan biasanya mereka maunya yg bukan pensil lho, sudah ditebelin. Tapi mereka gak peduli kita pake media apa aja. Mau paint tool SAI, mau MangaStudio, mau GIMP, mau manual, terserah. Biasanya juara ke 1 bakal diterbitin 1 volum manganya. Dulu aku pernah ikut yg Anibee, alhamdulillah sih. Trus klo yg shonen jump, itu lebih ketat banget persaingannya. tapi aku rasa kyk cerita komik anak2 indo itu kurangnya cuma 'kurang dalem', itu aja sih. Mungkin karena manga yg biasa aku baca itu yg udh go internasional. Jadi lebih mentingin cerita. Trus klo manganya mau brlanjut gitu, bukan oneshot, lebih pentingin cerita. Btw, gak juga two is better than one, karena otak tiap orang beda, pikiran tiap orang juga beda, klo gak biasa, susah nyatuin (well.... Kayak aku dulu ;A;)/ aku emnag gak cocok ada partnernya. Hiks.). Yang jelas, klo dibawah 18 taun (kyk aku) musti ada persetujuan dari ortu, itu aja. Ada juga kok yg maunya emang buat ngembangin bakat anak anak, jadi kayak manga nya DAR!mizan gitu deh. maaf ngespam /(_ _)\ gomenasai! *flies away*

    Balas Komentar
  46. Unknown says:

    Gan, maaf ya ni postingan udah 5 th yg lalu, tapi ane boleh nanya ga? Ane dan tmen ane itu uda kayak anime bakuman, ane yang ngarang dan temen ane yang gambar, tapi gimana ya tahap selanjutnya kalau misalnya ane udah selesaikan 1 chapter. Kalo dikirim ke sana gmana ya caranya. Ane dan tmen ane jg udah d bolehin sama ortu, jd mohon bimbingannya kak, salam kenal jga ya kak nama ane ganang. Kalo kakak mau bantu ane follow tweet ane ya namanya @ganangpraone. Please mohon bantuannya ya kak, soalnya ane pingin banget jadi manga-ka tapi ane ga tau apa lagi yang harus ane lakukan selanjutnya. Mohon di bimbing ya soalnya ane msih polos, blum tau apa2.

    Balas Komentar
  47. Unknown says:

    @ganaka : kakak contact m&c aja,siapa tau bisa terbit in komik kakak?tpi msk kategori koloni ,bkn manga... soalbya kalau koloni komik dari indonesia,kalau manga dari jepang.coba saja buka mnc-comics.com , cari about email nya..kaka tanya saja hehe , aku juga mau jadi komikus..hanya saja aku kurang bisa bikin effect nya dan tangan nya.. --" kalau bikin tangan, malah kaya ceker ayam--" pdhl mukanya cakep hehehe *menurutku*

    Balas Komentar
  48. Matahari says:

    Kamu mau kalau aku ajak kerjasama bikin manga denganku? aku serius nih

    Balas Komentar
  49. Anonymous says:

    @Anonymous

    Gw bukan admin tapi gw bantu jawab ya setahu gw,

    1. Manual / kompi boleh2 aja, asal... bersih, itulah tantangannya bikin komik, harus bersih bahkan pake penghapus sekalipun, makanya kebanyakan jaman sekarang pake sistem campuran yaitu dibersihinnya pke kompi kan ada berbagai program drawing tuh, trus balon percakapan tulisannya diketik kecuali kalo jenis tulisanmu epic banget, jadi kalo manual, balon percakapannya ditempel pake kertas kalkir (yang sudah diisi tulisan percakapan ketikan). Kertas A3 boleh, berarti gambarmu bisa detail banget, standarnya kalo komik jepang itu B4, atau A4 bisa juga. pake min 80 gr atau kertas gamabr lebih bagus lagi
    2. Loglines??
    3. Kalo jaman sekarang ada program khusus Mangastudio, tapi pake adobe its ok juga. aku aja pake adobe

    Tetep semangat
    2.

    Balas Komentar
  50. Anonymous says:

    terima kasih banyak atas informasinya,,,hehe... aku juga berkeinginan menjadi seorang mangaka. meskipun sangat sulit untuk meraihnya. karena aku yakin pd diriku sendiri. INGAT NAMAKU MUHAMMADA AKYASADA PRATAMA (MADA/MAP)!!! akan berjuang sak pol kemampuan untuk menjadi seorang komikkus terkenal no 1 sedunia,, hahaha!!!! meski kedengarannya mustahil. MAAF KALAU SEDIKIT LANCANG. hehe grin emotikon dan umurku sekarang masih 14 tahun. perjalanan masih panjang... SEMOGA TEMAN2 BISA TERMOTIFASI DENGAN INI.

    Balas Komentar
  51. Anonymous says:

    Semoga semua trcapai.. ada yg mau bantu saya ada project komik.

    Balas Komentar
  52. Anonymous says:

    Domisili mana

    Balas Komentar
  53. Anonymous says:

    Terimakasih atas infonya diatas, membantu sekali untuk saya berkembang lagi. Sekarang saya 15 tahun. Sejak 9 tahun ingin jadi mangaka, pertama nggak diizinin orang tua karena menurut mereka itu nggak berguna dan berkembang di indonesia. iseng iseng saya kasih proposal ke kepala sekolah untuk izin ikut mengisi majalah sekolah dengan komik singkat (karena selama sekolah menerbitkan belum pernah ada yang mengisi halaman dengan komik) Karena usaha dan dorongan akhirnya saya mulai mengisi majalah sekolah belum dengan bayaran (saat itu umur 13 tahun). Setelah lulus smp hal itu tetap saya lanjutkan tapi sekarang dengan bayaran, jadi nggak minta uang jajan lagi ke orang tua dan untungnya sekarang di sma saya ada Manga Club yang mendampingi dan memfasilitasi lebih Jadi sebenernya jadi mangaka itu coba dengan hal hal kecil, semua butuh proses.

    Balas Komentar
  54. AJR says:

    Efek nonton BAKUMAN ya?

    Balas Komentar
  55. AJR says:

    Efek nonton BAKUMAN ya?

    Balas Komentar
  56. Unknown says:

    q jg pngen jd mangaka tapi umr q msh 14 th n kls 9, msh banyak beban... tp q dah bikin komik sndri pke buku ...

    Balas Komentar
  57. Apa perlu kita buat naskah dulu ya untuk membuat suatu manga atau komik ?

    Balas Komentar
  58. Apa perlu kita buat naskah dulu seperti penulis pada umumnya untuk membuat suatu manga atau komik?

    Balas Komentar
  59. Apa perlu kita buat naskah dulu seperti penulis pada umumnya untuk membuat suatu manga atau komik?

    Balas Komentar
  60. Unknown says:

    hehe mantep nih artikelnya,,hhe klo saran ane sih tetaplah berusaha walau terkadang usaha kita tidak di akui didalam negri hehe, tapi inget tidak ada pekerjaan yg sia''

    Balas Komentar
  61. MasDul says:

    hidup komikus indonesia

    Balas Komentar
  62. MasDul says:

    saya sendiri juga mau menjadi komikus tapi modal belum mendukung'

    Balas Komentar
  63. MasDul says:

    kalau langkah saya menjadi komikus sementara saya belajar melalui situs webtoon (DARK_HORN) HEHE SORRY YA BARU BLAJAR

    Balas Komentar
  64. Unknown says:

    Ketemu juga anak bangsa yang ingin jadi komikus/manga-ka TwT. Mudah2 an mimpi kita tercapai! Ganbate minna!
    (ane agak wibu skit :v).

    Ane juga mau jadi komikus (kayak Kazue Katou, Hidekazu Himaruya, dll). Malahan udah bikin kerangka cerita dg desain (watak, kostum, keterkaitan dg plot) karakter...masalah utama saya tu, kurangnya dukungan dan nggak ada waktu luang...

    Semoga mimpi kita terkabul ya~!

    Balas Komentar
  65. Oblivion says:
    This comment has been removed by the author.
  66. Anonymous says:

    Kalau bisa jangan pakai kata "Mangaka" yak. Kita ini mau jadi komikus Indonesia. Kalau saya berniat sekali menjadi komikus, Sudah punya segudang ide tentang budaya Indonesia sayangnya saja saya kurang dukungan untuk mimpi saya. Orang-orang sekitar saya malah menghina mimpi saya seperti mimpi orang malas dan orang miskin. Tolong beri dukungan dan saran buat saya ya Kak!

    Balas Komentar

Post a Comment

|AM| Mohon kritik & saran untuk perkembangan blog ini & hubungi saya jika ada broken link. Terima kasih... |AM|